RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : KKPI
Kelas / Semester : X / Gasal
Alokasi Waktu : 6 x 2 jam Pelajaran
Standar Kompetensi : Mengoperasikan sistem operasi dan software aplikasi
Kompetensi Dasar :
Menginstal sistem operasi dan
program aplikasi
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat:
·
Menjelaskan pengertian software pengolah kata
·
Menjelaskan fungsi software pengolah kata
·
Menyebutkan
contoh-contah software pengolah kata
yang beredar di pasaran
·
Menjalankan aplikasi software MS Word melalui beberapa cara
(melalui Start, Shortcut, Menu RUN, Windows Explorer, dan Search)
·
Menjelaskan macam-macam
menu dan toolbar pada MS Word
·
Menjelaskan fungsi
bermacam-macam menu dan toolbar pada
MS Word
·
Menjelaskan
perintah-perintah dan fungsinya dengan menggunakan tombol kombinasi pada keyboard pada MS Word
·
Mempraktikkan perintah
dengan menggunakan tombol kombinasi pada keyboard
pada MS Word
·
Menjelaskan
langkah-langkah membuat, menyimpan, menyimpan dengan nama lain, membuka, dan
menutup dokumen pada MS Word
·
Menjalankan
perintah membuat, menyimpan, menyimpan dengan nama lain, membuka, dan menutup
dokumen pada MS Word
·
Menyimpan file dokumen dengan menggunakan berbagai
format antara lain: doc (Ms Word), txt (Plain text), dan html (Web page)
·
Menjalankan
perintah mengatur layout dokumen dan
mengatur spasi dalam paragraf
·
Menjalankan
perintah dengan menggunakan bullets and
numbering
·
Menjalankan
perintah membuat header and footer,
nomor halaman, dan teks berkolom
·
Menjalankan
perintah mengatur huruf (font) dan
membuat borders and shading
·
Menjalankan
perintah dengan menggunakan fasilitas copy,
cut, dan paste
·
Menjalankan
perintah dengan menggunakan fasilitas format
painter
·
Menjelaskan
langkah-langkah perintah cetak file
dokumen
·
Mengaplikasikan
perintah-perintah pencetakan seperti print
setup dan print preview sesuai
dengan parameter kertas dan printer
·
Mencetak file dokumen sesuai dengan parameter
standar seperti mencetak semua halaman, halaman tertentu, dan halaman yang
sedang aktif
B.
KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :
1. Disiplin (discipline)
2. Tekun (diligence)
3. Tanggungjawab (responsibility)
4. Ketelitian (carefulness)
5. Kerjasama (cooperation)
6. Toleransi (tolerance)
7. Percayadiri (confidence)
8. Keberanian (bravery)
C.
MATERI PEMBELAJARAN
·
Pengenalan
software pengolah kata
·
Mengoperasikan
software Microsoft Word
· Mencetak dokumen
·
D.
METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktek.
E.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1. KegiatanPendahuluan
a. Guru memeriksakehadiransiswadankebersihan
b. Guru
memaparkantujuanpembelajarandanmemberikanmotivasibagisiswa
c. Siswamemahamitujuan yang
akandicapaidanmempersiapkandirimenerimapelajaran
2. KegiatanInti
a. Eksplorasi
Dalamkegiataneksplorasi:
1. Peserta
didik dan siswa mendiskusikan hal-hal pekerjaan tertentu yang bisa diselesaikan
dengan software aplikasi Pengolah
Kata.
2. Peserta
didik ditanya mengenai pemahamannya mengenai pengertian dan fungsi software pengolah kata (MS Word).
b. Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi:
• Peserta
didik dan guru mendiskusikan pengertian dan fungsi software pengolah kata.
• Peserta
didik menyebutkan contoh software
pengolah kata yang ada di pasaran.
• Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai cara mempersiapkan software MS Word melalui beberapa cara.
• Peserta
didik menjalankan software MS Word
dengan berbagai cara.
c. Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi:
• gurubertanyajawabtentanghal-hal
yang belumdiketahuiolehsiswa
• gurubersamasiswabertanyajawabmeluruskankesalahanpemahaman,
memberikanpenguatandanpenyimpulan
• Peserta
didik diminta menyimpulkan pengertian dan fungsi software pengolah kata.
• Peserta
didik diminta kembali untuk menjalankan MS Word dengan benar.
3. KegiatanPenutup
Dalamkegiatanpenutup, guru:
a. bersama-samadenganpesertadidikdan/atausendirimembuatrangkuman/simpulan tentang
kelebihan-kelebihan Windows dan menyebutkan jenis-jenis operasi berbasis GUI,
b. melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatan
yang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram,
c. memberikanumpanbalikterhadap
proses danhasilpembelajaran,
Pertemuan 2
1. KegiatanPendahuluan
a. Guru
memeriksakehadiransiswadankebersihan
b. Guru
memaparkantujuanpembelajarandanmemberikanmotivasibagisiswa
c. Siswamemahamitujuan yang
akandicapaidanmempersiapkandirimenerimapelajaran
2. KegiatanInti
a. Eksplorasi
Dalamkegiataneksplorasi:
·
Peserta didik ditanya kembali
mengenai pemahamannya mengenai pengertian dan fungsi software pengolah kata (MS Word).
·
Peserta didik ditanya
pemahamannya mengenai lingkungan kerja MS Word.
b. Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi:
a.
Peserta didik dan guru mendiskusikan macam-macam menu dan toolbar beserta fungsinya pada MS Word.
b.
Peserta didik dan guru mendiskusikan perintah-perintah dan fungsi tombol
kombinasi pada keyboard di MS Word.
c.
Peserta didik mempraktikkan perintah-perintah dengan tombol kombinasi pada keyboard di MS Word.
c. Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi:
• gurubertanyajawabtentanghal-hal
yang belumdiketahuiolehsiswa
• gurubersamasiswabertanyajawabmeluruskankesalahanpemahaman,
memberikanpenguatandanpenyimpulan
• Peserta
didik ditanya kembali pemahamannya mengenai lingkungan MS Word.
3. KegiatanPenutup
Dalamkegiatanpenutup, guru:
a. bersama-samadenganpesertadidikdan/atausendirimembuatrangkuman/simpulanpelajaran,
b. melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatan
yang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram,
c. memberikanumpanbalikterhadap
proses danhasilpembelajaran.
Pertemuan 3
1. KegiatanPendahuluan
a. Guru
memeriksakehadiransiswadankebersihan
b. Guru
memaparkantujuanpembelajarandanmemberikanmotivasibagisiswa
c. Siswamemahamitujuan yang
akandicapaidanmempersiapkandirimenerimapelajaran
2. KegiatanInti
a. Eksplorasi
Dalamkegiataneksplorasi:
·
Peserta didik ditanya
pemahamannya mengenai cara mengoperasikan MS Word.
·
Peserta didik ditanya
pemahamannya mengenai cara melakukan uninstall.
b. Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi:
a.
Peserta didik dan guru mendiskusikan cara membuat, menyimpan, membuka, dan
menutup pada MS Word.
b.
Peserta didik menjalankan perintah membuat, menyimpan, membuka, dan menutup
pada MS Word.
c. Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi:
• gurubertanyajawabtentanghal-hal
yang belumdiketahuiolehsiswa
• gurubersamasiswabertanyajawabmeluruskankesalahanpemahaman,
memberikanpenguatandanpenyimpulan
• Peserta
didik diminta kembali untuk menjalankan perintah membuat, menyimpan, membuka,
dan menutup pada MS Word.
3. KegiatanPenutup
Dalamkegiatanpenutup, guru:
a. bersama-samadenganpesertadidikdan/atausendirimembuatrangkuman/simpulanpelajaran,
b. melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatan
yang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram,
c. memberikanumpanbalikterhadap
proses danhasilpembelajaran.
Pertemuan 4
1. KegiatanPendahuluan
a. Guru
memeriksakehadiransiswadankebersihan
b. Guru memaparkantujuanpembelajarandanmemberikanmotivasibagisiswa
c. Siswamemahamitujuan yang
akandicapaidanmempersiapkandirimenerimapelajaran
2. KegiatanInti
a. Eksplorasi
Dalamkegiataneksplorasi:
Peserta
didik ditanya pemahamannya mengenai cara mengoperasikan MS Word.
b. Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi:
a.
Peserta didik dan guru mendiskusikan cara pengaturan dokumen pada MS Word.
b.
Peserta didik menjalankan perintah mengatur layout dokumen, menggunakan bullets
dan numbering, membuat header and footer, nomor halaman, dan
teks berkolom.
c.
Peserta didik menjalankan perintah mengatur font, membuat borders and
shading, menggunakan fasilitas copy,
cut, dan paste.
d.
Peserta didik menjalankan perintah menggunakan format painter.
c. Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi:
• gurubertanyajawabtentanghal-hal
yang belumdiketahuiolehsiswa
• gurubersamasiswabertanyajawabmeluruskankesalahanpemahaman,
memberikanpenguatandanpenyimpulan
• Peserta
didik ditanya kembali mengenai cara menjalankan pengaturan dokumen pada MS Word.
3. KegiatanPenutup
Dalamkegiatanpenutup, guru:
a. bersama-samadenganpesertadidikdan/atausendirimembuatrangkuman/simpulanpelajaran,
b. melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatan
yang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram,
c. memberikanumpanbalikterhadap
proses danhasilpembelajaran.
Pertemuan 5
1. KegiatanPendahuluan
a. Guru
memeriksakehadiransiswadankebersihan
b. Guru
memaparkantujuanpembelajarandanmemberikanmotivasibagisiswa
c. Siswamemahamitujuan yang
akandicapaidanmempersiapkandirimenerimapelajaran
2. KegiatanInti
a. Eksplorasi
Dalamkegiataneksplorasi:
·
Peserta didik diingatkan kembali
mengenai cara pengaturan dokumen pada MS Word.
b. Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi:
a.
Peserta didik menyimak penjelasan
guru mengenai langkah-langkah perintah cetak pada MS Word.
b.
Peserta didik menjalankan
perintah-perintah pencetakan seperti print
setup dan print preview sesuai
dengan parameter kertas dan printer.
c.
Peserta didik menjalankan
perintah pencetakan dokumen.
c. Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi:
• gurubertanyajawabtentanghal-hal
yang belumdiketahuiolehsiswa
• gurubersamasiswabertanyajawabmeluruskankesalahanpemahaman,
memberikanpenguatandanpenyimpulan
• Peserta
didik ditanya pemahamannya mengenai cara mencetak dokumen dengan baik dan benar
3. KegiatanPenutup
Dalamkegiatanpenutup, guru:
a. bersama-samadenganpesertadidikdan/atausendirimembuatrangkuman/simpulanpelajaran,
b. melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatan
yang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram,
c. memberikanumpanbalikterhadap
proses danhasilpembelajaran.
Pertemuan 6
1. KegiatanPendahuluan
a. Guru
memeriksakehadiransiswadankebersihan
b. Guru
memaparkantujuanpembelajarandanmemberikanmotivasibagisiswa
c. Siswamemahamitujuan yang
akandicapaidanmempersiapkandirimenerimapelajaran
2. KegiatanInti
a. Eksplorasi
Dalamkegiataneksplorasi:
·
Peserta didik diminta mengingat
kembali materi mengenai Mengoperasikan software
pengolah kata.
b. Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi:
a.
Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis
secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.
Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.
Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian,
serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila menyontek.
d.
Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian
telah selesai.
c. Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi:
• gurubertanyajawabtentanghal-hal
yang belumdiketahuiolehsiswa
• gurubersamasiswabertanyajawabmeluruskankesalahanpemahaman,
memberikanpenguatandanpenyimpulan
• Peserta
didik diingatkan untuk mempelajari materi pada bab selanjutnya, yaitu
Mengoperasikan software spreadsheet.
3. KegiatanPenutup
Dalamkegiatanpenutup, guru:
a. bersama-samadenganpesertadidikdan/atausendirimembuatrangkuman/simpulanpelajaran,
b. melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatan
yang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram,
c. memberikanumpanbalikterhadap
proses danhasilpembelajaran,
d. merencanakankegiatantindaklanjutdalambentukpembelajaranremidi,
program pengayaan, layanankonselingdan/ataumemberikantugasbaiktugas individual
maupunkelompoksesuaidenganhasilbelajarpesertadidik.
F. SUMBER BELAJAR :
Alat : -
OHP/LCD
- Komputer
- Buku DOS
- Sistem Operasi
Sumber Belajar
: - Buku KKPI untuk SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan
Anjrah M dan T. Adi Wijaya, Hal. 69 – 97
- Internet
G.
PENILAIAN
Teknik: Tes Tertulis, Tes Praktek,
Tugas-tugas, Observasi
Bentuk Instrumen: Uraian, pilihan ganda
Contoh Instrumen:
1. Yang dimaksud dengan perataan justify
adalah teks . . . .
a.
rata kiri d. rata kiri
kanan
b.
rata kanan e. tdak beraturan
c.
rata tengah
2. Jelaskan cara mengatur batas
halaman (margin)!
Wonosegoro, 9 Juli 2015
Mengetahui, Guru
Mapel
KepalaSekolah
SUYATNA, S.Pd, M.Pd ADAN BAGUS ARTA W
NIP. 19670512 198903 1 008 NIP
---
0 komentar:
Posting Komentar