aaaaaaaa

aaaaaaaa

RPP 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                        : KKPI
Kelas / Semester                     : X / Gasal
Alokasi Waktu                       : 3 x 2 jam Pelajaran
Standar Kompetensi               : Mengoperasikan PC stand alone
KompetensiDasar                   : Mengoperasikan sistem operasi berbasis teks

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat:
·         Menjelaskan perangkat keras (hardware) komputer
·         Menjelaskan perangkat lunak (software) komputer
·         Menyalakan sistem komputer sesuai dengan prosedur yang benar
·         Menjalankan perintah-perintah sistem operasi
·         Menjalankan perintah membuat, melihat, mengubah dan menghapus folder sesuai dengan ketentuan
·         Menjalankan perintah menyalin, menghapus, memindahkan, dan mengubah file dengan baik
·         Menjalankan perintah untuk memformat disk dan menyalin seluruh isi disk dengan benar
·         Menjalankan perintah untuk diagnosa disk dan menampilkan direktori dengan benar
·        Melakukan prosedur shut down sistem secara benar

B.     KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :         
1.   Disiplin (discipline)
2.   Tekun (diligence)
3.   Tanggungjawab (responsibility)
4.   Ketelitian (carefulness)
5.   Kerjasama (cooperation)
6.   Toleransi (tolerance)
7.   Percayadiri (confidence)
8.   Keberanian (bravery)

C.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Komponen sistem komputer
1.      Perangkat keras (hardware)
2.      Perangkat lunak (software)
2.      Langkah-langkah menyalakan komputer
3.      Sistem operasi berbasis teks:
1.      Internal Command (perintah internal)
2.      Eksternal Command (Perintah eksternal)
4.      Shut down komputer pada sistem operasi berbasis teks (DOS)

D.    METODE PEMBELAJARAN

Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktek.
E.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.   KegiatanPendahuluan
a.   Guru memeriksakehadiransiswadankebersihan
b.   Guru memaparkantujuanpembelajarandanmemberikanmotivasibagisiswa
c.   Siswamemahamitujuan yang akandicapaidanmempersiapkandirimenerimapelajaran
2.   KegiatanInti
a.   Eksplorasi
Dalamkegiataneksplorasi:
1.      Peserta didik dan guru mendiskusikan manfaat yang dapat diambil dengan adanya sistem komputer dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Menggali pemahaman siswa tentang Komponen sistem komputer.
b.   Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi:
•    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai Komponen sistem komputer
•    Peserta didik diminta memberi contoh Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software) beserta fungsinya masing-masing.
•    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai Langkah-langkah menyalakan komputer
•    Peserta didik berlatih menyalakan komputer sesuai dengan prosedur yang benar.
c.   Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi:
•    gurubertanyajawabtentanghal-hal yang belumdiketahuiolehsiswa
•    gurubersamasiswabertanyajawabmeluruskankesalahanpemahaman, memberikanpenguatandanpenyimpulan
•    Peserta didik diminta menyebutkan kembali langkah-langkah menyalakan komputer.
3.   KegiatanPenutup
Dalamkegiatanpenutup, guru:
a.   bersama-samadenganpesertadidikdan/atausendirimembuatrangkuman/simpulanpelajaran,
b.   melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatan yang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram,
c.   memberikanumpanbalikterhadap proses danhasilpembelajaran,

Pertemuan 2
1.   KegiatanPendahuluan
a.   Guru memeriksakehadiransiswadankebersihan
b.   Guru memaparkantujuanpembelajarandanmemberikanmotivasibagisiswa
c.   Siswamemahamitujuan yang akandicapaidanmempersiapkandirimenerimapelajaran
2.   KegiatanInti
a.   Eksplorasi
Dalamkegiataneksplorasi:
·         Peserta didik ditanya mengenai komponen-komponen sistem komputer.
·         Peserta didik diminta menyebutkan kembali langkah-langkah menyalakan komputer dengan benar.
b.   Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi:
•    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara menjalankan perintah-perintah internal dan eksternal dalam sistem operasi berbasis teks
•    Peserta didik berlatih menjalankan perintah internal dan eksternal dengan penulisan yang benar.
•    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara menonaktifkan komputer pada sistem operasi berbasis teks
•    Peserta didik berlatih menonaktifkan komputer dengan sistem yang benar.
c.   Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi:
•    gurubertanyajawabtentanghal-hal yang belumdiketahuiolehsiswa
•    gurubersamasiswabertanyajawabmeluruskankesalahanpemahaman, memberikanpenguatandanpenyimpulan
•    Peserta didik diminta menjelaskan dan menonaktifkan komputer dalam sistem operasi berbasis teks dengan prosedur yang benar.
3.   KegiatanPenutup
Dalamkegiatanpenutup, guru:
a.   bersama-samadenganpesertadidikdan/atausendirimembuatrangkuman/simpulanpelajaran,
b.   melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatan yang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram,
c.   memberikanumpanbalikterhadap proses danhasilpembelajaran,

Pertemuan 3
1.   KegiatanPendahuluan
a.   Guru memeriksakehadiransiswadankebersihan
b.   Guru memaparkantujuanpembelajarandanmemberikanmotivasibagisiswa
c.   Siswamemahamitujuan yang akandicapaidanmempersiapkandirimenerimapelajaran
2.   KegiatanInti
a.   Eksplorasi
Dalamkegiataneksplorasi:
·         Peserta didik mengingat kembali materi mengenai Mengoperasikan sistem operasi berbasis teks.
b.   Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi:
a.         Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.         Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.         Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila menyontek.
d.        Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
c.   Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi:
•    gurubertanyajawabtentanghal-hal yang belumdiketahuiolehsiswa
•    gurubersamasiswabertanyajawabmeluruskankesalahanpemahaman, memberikanpenguatandanpenyimpulan
•    Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi pada bab selanjutnya, yaitu Mengoperasikan operasi berbasis Graphic User Interface (GUI).

3.   KegiatanPenutup
Dalamkegiatanpenutup, guru:
a.   bersama-samadenganpesertadidikdan/atausendirimembuatrangkuman/simpulanpelajaran,
b.   melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatan yang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram,
c.   memberikanumpanbalikterhadap proses danhasilpembelajaran,
d.   merencanakankegiatantindaklanjutdalambentukpembelajaranremidi, program pengayaan, layanankonselingdan/ataumemberikantugasbaiktugas individual maupunkelompoksesuaidenganhasilbelajarpesertadidik.

F.     SUMBER BELAJAR :
Alat                          :  -  OHP/LCD
                                    -  Komputer
                                    -  Buku DOS
                                    -  Sistem Operasi
Sumber Belajar        :  -  Buku KKPI untuk SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Anjrah M dan T. Adi Wijaya, Hal. 1 – 18
                                    -  Internet

G.    PENILAIAN
Teknik: Tes Tertulis, Tes Praktek, Tugas-tugas, Observasi
Bentuk Instrumen: Uraian, pilihan ganda
Contoh Instrumen:
1. Layar monitor, printer, dan speaker termasuk dalam peralatan . . . .
   a. input                           d. penyimpanan
    b. proses                        e. input-output
    c. output
2. Jelaskan tahap-tahap dalam menyalakan komputer!


Wonosegoro, 9 Juli 2015
Mengetahui,                                                          Guru Mapel
KepalaSekolah     




SUYATNA, S.Pd, M.Pd                                     ADAN BAGUS ARTA W
NIP. 19670512 198903 1 008                               NIP ---


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com