aaaaaaaa

aaaaaaaa

RPP 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                        : KKPI
Kelas / Semester                     : X / Gasal
Alokasi Waktu                       : 4 x 2 jam Pelajaran
Standar Kompetensi               : Mengoperasikan PC stand alone
KompetensiDasar                   : Mengoperasikan sistem operasi berbasis Graphic User Interface (GUI)

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat:
·         Menjelaskan kelebihan-kelebihan Windows
·         Menyebutkan jenis-jenis sistem operasi  berbasis GUI dengan benar dan lancar
·         Menjalankan perintah-perintah melalui keyboard dan dengan tombol kombinasi
·         Menjelaskan beberapa operasi dengan menggunakan mouse
·         Menggunakan Start Menu untuk memulai program aplikasi
·         Menggunakan shortcut pada desktop Windows untuk memulai program aplikasi
·         Membuat dan menghapus folder dengan benar
·         Menyalin dan memindahkan file/folder dengan benar
·         Mengganti nama folder/file dengan benar
·         Menjalankan perintah-perintah pengaturan tampilan pada Windows dengan menggunakan aplikasi Display Properties
·         Menginstal printer, scanner dan deviceinput/output lainya dengan benar
·         Menjelaskan prosedur dan langkah-langkah menonfungsikan komputer dengan benar

B.     KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN :         
1.   Disiplin (discipline)
2.   Tekun (diligence)
3.   Tanggungjawab (responsibility)
4.   Ketelitian (carefulness)
5.   Kerjasama (cooperation)
6.   Toleransi (tolerance)
7.   Percayadiri (confidence)
8.   Keberanian (bravery)

C.    MATERI PEMBELAJARAN
·         Pengenalan sistem operasi berbasis GUI
·         Penggunaan perangkat masukan pada sistem operasi berbasis GUI
·         Mengoperasikan sistem operasi Windows
·         Menginstalasi printer dan scanner
·         Prosedur mematikan komputer pada Windows         

D.    METODE PEMBELAJARAN

Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktek.
E.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.   KegiatanPendahuluan
a.   Guru memeriksakehadiransiswadankebersihan
b.   Guru memaparkantujuanpembelajarandanmemberikanmotivasibagisiswa
c.   Siswamemahamitujuan yang akandicapaidanmempersiapkandirimenerimapelajaran
2.   KegiatanInti
Dalamkegiataneksplorasi:
1.      Peserta didik dan guru mendiskusikan sistem operasi berbasis GUI.
2.      Peserta didik ditanya mengenai kelebihan-kelebihan Windows dan menyebutkan jenis-jenis operasi berbasis GUI.
b.   Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi:
•    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kemudahan-kemudahan dalam sistem operasi berbasis GUI (Windows)
•    Peserta didik menyebutkan jenis-jenis sistem operasi berbasis GUI dengan benar dan lancar.
•    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara menggunakan perangkat masukan (keyboard dan mouse) sesuai dengan kebutuhan
•    Peserta didik dapat menjalankan perintah-perintah melalui keyboard, dengan tombol-tombol kombinasi dan mouse.
c.   Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi:
•    gurubertanyajawabtentanghal-hal yang belumdiketahuiolehsiswa
•    gurubersamasiswabertanyajawabmeluruskankesalahanpemahaman, memberikanpenguatandanpenyimpulan
•    Peserta didik diminta menyebutkan kembali langkah-langkah menyalakan komputer.
3.   KegiatanPenutup
Dalamkegiatanpenutup, guru:
a.   bersama-samadenganpesertadidikdan/atausendirimembuatrangkuman/simpulan tentang kelebihan-kelebihan Windows dan menyebutkan jenis-jenis operasi berbasis GUI,
b.   melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatan yang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram,
c.   memberikanumpanbalikterhadap proses danhasilpembelajaran,

Pertemuan 2
1.   KegiatanPendahuluan
a.   Guru memeriksakehadiransiswadankebersihan
b.   Guru memaparkantujuanpembelajarandanmemberikanmotivasibagisiswa
c.   Siswamemahamitujuan yang akandicapaidanmempersiapkandirimenerimapelajaran
2.   KegiatanInti
a.   Eksplorasi
Dalamkegiataneksplorasi:
·         Peserta didik ditanya kembali mengenai cara menjalankan perintah-perintah melalui keyboard dan mouse.
·         Peserta didik ditanya mengenai kelebihan-kelebihan Windows dan menyebutkan jenis-jenis operasi berbasis GUI.
b.   Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi:
a.   Pesertadidikmenyimakpenjelasan guru mengenaicaramemulai program aplikasidenganberbagaicara.
b.   Pesertadidikdimintauntukmenggunakan Start Menu danshortcutpada desktop untukmemulai program aplikasi.
c.   Pesertadidikmenyimakpenjelasan guru mengenaicaramengelola folder dan file.
d.   Pesertadidikdimintauntukmembuat, menghapus, menyalin, memindahkan, menggantinama folder/file denganbenar.
e.   Pesertadidikmenyimakpenjelasan guru mengenaicaramengaturtampilanpadaWindows.
f. PesertadidikmenjalankanpengaturantampilanpadaWindowsdenganmenggunakanaplikasiDisplayProperties.
g.   Pesertadidikmenyimakpenjelasan guru mengenaicaramenginstal printer dan scanner.
h.   Pesertadidikmelakukaninstalasiprinterdanscannerdenganbenar.
c.   Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi:
•    gurubertanyajawabtentanghal-hal yang belumdiketahuiolehsiswa
•    gurubersamasiswabertanyajawabmeluruskankesalahanpemahaman, memberikanpenguatandanpenyimpulan
•    Peserta didik diminta untuk menjelaskan dan menjalankan  Windows, mengelola folder/file, dan mengatur tampilan Windows.
•    Peserta didik diminta untuk menjelaskan dan melakukan instalasi printer dan scanner dengan benar
3.   KegiatanPenutup
Dalamkegiatanpenutup, guru:
a.   bersama-samadenganpesertadidikdan/atausendirimembuatrangkuman/simpulanpelajaran,
b.   melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatan yang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram,
c.   memberikanumpanbalikterhadap proses danhasilpembelajaran.

Pertemuan 3
1.   KegiatanPendahuluan
a.   Guru memeriksakehadiransiswadankebersihan
b.   Guru memaparkantujuanpembelajarandanmemberikanmotivasibagisiswa
c.   Siswamemahamitujuan yang akandicapaidanmempersiapkandirimenerimapelajaran
2.   KegiatanInti
a.   Eksplorasi
Dalamkegiataneksplorasi:
·         Peserta didik diminta kembali untuk menjelaskan dan menjalankan Windows, mengelola folder/file, dan mengatur tampilan Windows.
·         Peserta didik diminta menjelaskan dan menjalankan perintah-perintah melalui keyboard dan mouse.
b.   Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi:
a.       Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai cara menonaktifkan komputer dengan benar.
b.      Peserta melakukan prosedur menonaktifkan komputer sesuai dengan langkah-langkah yang benar.
c.   Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi:
•    gurubertanyajawabtentanghal-hal yang belumdiketahuiolehsiswa
•    gurubersamasiswabertanyajawabmeluruskankesalahanpemahaman, memberikanpenguatandanpenyimpulan
•    Peserta didik diminta untuk menjelaskan cara menonaktifkan komputer dan melakukannya dengan benar
3.   KegiatanPenutup
Dalamkegiatanpenutup, guru:
a.   bersama-samadenganpesertadidikdan/atausendirimembuatrangkuman/simpulanpelajaran,
b.   melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatan yang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram,
c.   memberikanumpanbalikterhadap proses danhasilpembelajaran.

Pertemuan 4
1.   KegiatanPendahuluan
a.   Guru memeriksakehadiransiswadankebersihan
b.   Guru memaparkantujuanpembelajarandanmemberikanmotivasibagisiswa
c.   Siswamemahamitujuan yang akandicapaidanmempersiapkandirimenerimapelajaran
2.   KegiatanInti
a.   Eksplorasi
Dalamkegiataneksplorasi:
·         Peserta didik diminta mengingat kembali materi mengenai Mengoperasikan operasi berbasis Graphic User Interface (GUI).
b.   Elaborasi
Dalamkegiatanelaborasi:
a.         Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.         Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.         Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila menyontek.
d.        Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
c.   Konfirmasi
Dalamkegiatankonfirmasi:
•    gurubertanyajawabtentanghal-hal yang belumdiketahuiolehsiswa
•    gurubersamasiswabertanyajawabmeluruskankesalahanpemahaman, memberikanpenguatandanpenyimpulan
•    Pesertadidikdiingatkanuntukmempelajarimateripadababselanjutnya, yaituMenginstalsistemoperasidan program aplikasi
3.   KegiatanPenutup
Dalamkegiatanpenutup, guru:
a.   bersama-samadenganpesertadidikdan/atausendirimembuatrangkuman/simpulanpelajaran,
b.   melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatan yang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram,
c.   memberikanumpanbalikterhadap proses danhasilpembelajaran,
d.   merencanakankegiatantindaklanjutdalambentukpembelajaranremidi, program pengayaan, layanankonselingdan/ataumemberikantugasbaiktugas individual maupunkelompoksesuaidenganhasilbelajarpesertadidik.

F.     SUMBER BELAJAR :
Alat                          :  -  OHP/LCD
                                    -  Komputer
                                    -  Buku DOS
                                    -  Sistem Operasi
Sumber Belajar        :  -  Buku KKPI untuk SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan Anjrah M dan T. Adi Wijaya, Hal. 19 – 42
                                    -  Internet

G.    PENILAIAN
Teknik: Tes Tertulis, Tes Praktek, Tugas-tugas, Observasi
Bentuk Instrumen: Uraian, pilihan ganda
Contoh Instrumen:
1. Operasi-operasi yang ada pada mouse adalah sebagai berikut, kecuali . . . .
   a. klik kiri                       d. double klik
   b. klik kanan                  e. triple klik
   c. drag
2. Ada berapa operasi pada mouse? Sebutkan dan jelaskan!


Wonosegoro, 9 Juli 2015
Mengetahui,                                                          Guru Mapel
KepalaSekolah     




SUYATNA, S.Pd, M.Pd                                     ADAN BAGUS ARTA W
NIP. 19670512 198903 1 008                               NIP ---


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com