aaaaaaaa

aaaaaaaa

materi 1

II.   KEGIATAN PEMELAJARAN 1
SISTEM OPERASI BERBASIS TEXT
A.    TUJUAN PEMELAJARAN
Setelah proses pemelajaran:
  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian dan macam – macam sistem operasi berbasis text
  2. Siswa dapat menyiapkan penyalaan komputer dengan benar
  3. Siswa dapat melakukan penyalaan komputer sampai dapat digunakan sesuai SOP
  4. Siswa dapat mematikan kompter sesuai SOP.
B.     PENGERTIAN SISTEM OPERASI BERBASIS TEXT
Sistem Operasi adalah suatu kumpulan program yang berfungsi untuk mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan proses komputer sehingga komputer bisa digunakan semaksimal mungkin. Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer (manusia) dengan perangkat keras komputer.
Didalam sistem operasi terdapat program pengendali (Control Program) yang berfungsi untuk mengelola memory komputer agar data dan program dapat terorganisasi.  Selain mengatur dan mengendalikan peralatan input maupun output  juga berfungsi sebagai sistem service atau utility yaitu membantu pemakai di dalam menggunakan komputer.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi
Jenis sistem operasi yang ada antara lain : POSIX, UNIX, MS DOS, MS Windows, LINUX, APPLE, dll. Dari sekian banyak sistem operasi ada sistem operasi yang interface  dengan user yaitu menggunakan TEXT ( DOS, POSIX, LINUX ), ada juga yang kontaknya dengan pengguna menggunakan GUI ( Graphical User Interface ) seperti MS Windows dan LINUX ( LINUX bisa berbasis TEXT dan berbasis GUI).
Sistem operasi berbasis text adalah sistem operasi yang perintah – perintahnya menggunakan text bukan gambar atau grafik. Pada sistem operasi berbasis text alat masukannya menggunakan tombol – tombol pada keyboard, tidak bisa menggunakan  alat pointing seperti mouse dan joystick. Data – data yang ditampilkanpun berupa data text bukan data grafis, sehingga pada sistem operasi berbasis text tidak bisa menampilkan gambar atau foto. Alat – alat gafis seperti camera dan csanner tak didukung oleh sistem operasi berbasis text ini.
Sistem operasi berbasis text artinya user berinteraksi dengan sistem dengan perintah-perintah yang berupa text. Lain halnya dengan system operasi berbasis GUI, pada sistem ini user dapat berinteraksi dengan system operasi melalui gambar atau simbol , dan tentu hal ini akan lebih memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna. Itulah sebabnya mengapa sistem operasi yang berbasis GUI seringkali disebut User Friendly.
DOS menempati posisi sebagai operating system yang menggunakan CUI ( Character User Interface ). Dalam hal ini DOS yang saat ini telah tergantikan atau diperbarui dengan adanya Microsoft Windows versi 9x, 2k, dan sebagainya yang berbasiskan GUI ( Grafical user Interface ).
Perintah MS-DOS diketikkan dalam sebuah jendela yang disebut Command Prompt Window. Untuk keluar dari MS-DOS, ketik exit dalam jendela tersebut yaitu pada kursor yang berkedip-kedip
Sistem operasi berbasis teks adalah sistem operasi yang semata-mata menggunakan teks sebagai alat operasinya. Sistem ini berjalan tanpa menggunakan bingkai jendela sebagaimana yang lazim kita temukan pada sistem operasi komputer dewasa ini.
Pada awal perkembangan personal computer sistem operasi berbasis teks inilah yang banyak digunakan. Sistem ini berjalan dengan menggunakan Prompt standar yakni huruf yang menunjukkan drive aktif. Sistem operasi ini tidak dapat berjalan sebelum pemakai memasukkan sistem operasi DOS (Disk Operating System).
Dalam lingkungan windows, DOS (Disk Operating System) adalah sistem operasi  pertama yang dijalankan pada komputer IBM PC kompatibel. Sistem operasi ini pertama kali dikembangkan oleh IBM kemudian dilanjutkan oleh Microsoft. Saat ini, meskipun Microsoft telah mengeluarkan WINDOWS , tetapi aplikasi DOS tetap disertakan.
C.    MANFAAT SISTEM OPERASI BERBASIS TEXT
Secara umum manfaat sistem operasi adalah : Mengatur media masukan, pemrosesan dan keluaran, Mengatur tabel pengkodean, Mengatur Memory baik internal maupun eksternal.
Sistem operasi juga mempunyai program yang sifatnya membantu pemakai dalam menggunakan komputer yaitu : Menyalin File, memformat memory seperti hard disk, floppy disk dan flash disk. Disamping itu juga dapat mengecek memori device.
Pemanfaatan sistem operasi berbasis text memang terbatas tidak seluas sistem operasi berbasis GUI. Sistem operasi berbasis text dapat dimanfaatkan untuk sistem operasi jaringan, program kasir pada toko swalayan pada bank dan sebagianya.
Kelebihan sistem operasi berbasis text adalah dalam hal kapasitas memori yang diperlukan sangat kecil, namun cukup memadahi pada keperluan  tertentu, sehingga investasi tidak memakan biaya yang besar seperti kapasitas storage device, processor, monitor, RAM, VGA  dll.
Kelemahan sistem operasi berbasis text adalah:
o   Kurang familier, sehingga hanya dapat digunakan pada kalangan yang sangat terbatas.
o   Pemampilannya juga kurang bagus segingga kurang diminati
o   Pemanfaatannya terbatas pada data text, untuk data grafis tidak dapat diterapkan.
D.    JENIS-JENIS SISTEM OPERASI BERBASIS TEXT
1.      Disk Operating Sistem
       
Gambar 1. Sisitem Operasi DOS
a.       PC – DOS (Personal Computer Disk Operating Sisytem)
Yaitu System operasi yang dikeluarkan oleh IBM – PC/IBM Corp
b.      MS – DOS (Microsoft Disk Operating System)
Yaitu system operasi yang dibuat oleh MS – Corporation. (pembuat perangkat lunak di Amerika Serikat )
c.       DR – DOS (Data Riset Disk Operating System)
Yaitu sistem operasi yang dikeluarkan oleh data riset yang ditujukan untuk IBM – PC
2.      UNIX Operating System
System operasi yang diperkenalkan pertama kali oleh AT & T Bell Laboratory. Yang merupakan sistem operasi ini adalah : Unix. Unix merupakan sistem operasi berbasis jaringan yang dikeluarkan tahun 1960 dan merupakan sistem operasi tertua. Bagian dari Unix yaitu ;
a.       Unix
b.      OpenBSD
c.       FreeBSD
Unix pertama kali digunakan oleh komputer jenis IBM, HP dan Sun Solaris
          
Gambar 2. Free BSD
3.      XENIC Operating System
      System ini dibuat oleh Microsoft Corp untuk pemakaian IBMPC-AT
E.     PERSIAPAN PENYALAAN KOMPUTER
Sebelum menyalakan  komputer  hal – hal yang seharusnya dilakukan yaitu :
1.      Memeriksa terlebih dahulu apakah semua peralatan sudah terpasang dengan benar.  apakah kabel power CPU sudah terpasang dengan benar. Kemudian kabel power dan  kabel data monitor sudah terpasang
2.      Memeriksa Apakah aliran listrik sudah siap.  Kalau ada lampu sinyal sumber listrik dapat diperhatikan lampu sinyal tersebut apakah sudah menyala atau belum. kalau menggunakan stavolt apakah stavol tersebut sudah hidup atau belum.
3.      Memperhatikan lampu sinyal pada monitor sudah menyala.
4.      Memperhatikan apakan komputer memang dalam keadaan benar – benar tidak aktif, dengan memperhatikan lampu sinyal pada CPU.
Setelah semua hal tersebut sudah doperhatikan dan kondisinya sudah siap, berarti pekerjaan persiapan menyalakan komputer sudah dilakukan dan  kita sudah bisa menyalakan komputer.
F.     MENYALAKAN KOMPUTER
Mengaktifkan komputer dilakukan dengan meng „on“ kan semua peralatan dengan cara menekan tombol power pada kotak CPU dan tombol power pada monitor.
Selanjutnya amati proses aktifasi sistem (booting) hingga selesai adalah hal pertama yang akan Anda lakukan. Proses ini tidak akan jauh berbeda antara sistem operasi yang satu dengan yang lainnya.
Mengaktifkan komputer dari keadaan komputer mati dengan cara menekan tombol power disebut cool booting. Sedangkan menghidupkan komputer dari keadaan hidup dengan menekan tombol reset disebut warm booting.
Langkah - langkah meyalahkan komputer dengan sistem booting :
1.      Nyalakan tombol power pada Stavol
2.      Tekan tombol “Power” pada CPU
3.      Tekan tombol “ Power “ pada Monitor (monitor dalam keadaan on ditandai dengan led menyala / switch pada posisi on)
4.      Tunggu sampai monitor menyala dan layar mengeluarkan mode DOS prompt c :\>.
Langkah ini jika kita menjalankan MS DOS langsung tidak lewat MS Windows. Hal ini dapat dilakukan dengan disket DOS atau MS DOS live CD, atau melalui booting Safe Mode Command Prompt pada windows 98 dan sebelumnya.
Jika tidak melalui cara booting seperti yang disebutkan di atas, maka setelah tombol “Power” ditekan maka akan muncul desktop pada layar monitor yang merupakan tampilan awal setelah sistem operasi runing dengan sempurna. Maka langkah selanjutnya adalah memunculkan dialog box DOS prompt c :\> dapat ditampilkan setelah sistem Ms Windows runing. Langkah untuk mengeluarkannya yaitu dengan langkah sebagai berikut:
Klik Start à Program à Acessories à Comand Prompt
Maka akan muncul kotak atau jendela Command Prompt seperti pada Gambar 3 sebagai berikut :
Gambar 3. Kotak Comand Prompt
Untuk memunculkan kotak Command Prompt dapat juga dengan melalui fasilitas Run , dengan langkah t:
Klik Start à Run à ketik cmd à OK! atau tekan Enter.
 Gambar 4. Dialog Box Run
Setelah itu akan muncul kotak Command Prompt seperti gambar 2 di atas
G.    MEMATIKAN KOMPUTER
Sebelum Anda mematikan komputer ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan dan persiapkan adalah sbb
  1. Jangan mematikan komputer saat komputer sedang proses
  2. Jangan mematikan komputer saat drive sedang bekerja, karena dapat merusak format disket atau drive
  3. Jika komputer hang, baca dan ikuti petunjuk yang ada pada monitor.
  4. Matikan komputer dengan prosedur Exit, Shut Down atau Turn Off_Turn Off
  5. Rekam dan akhiri program yang sedang dijalankan
  6. Pada mode DOS prompt misal  c :\> ketiklah exit kemudian  enter, kemudian akan kembali ke layar desktop
  7. Untuk mematikan komputer langkahnya tergantung dari jenis motherboardnya ATX atau tidak dan OS .
a.       Jika ATX dan OS adalah Win98, Win Me, Win 2000: klik start, klik shutdown, pilih shutdown, klik Yes, komputer mati sendiri (tidak usah menekan tombol power). Matikan  Stavol , kemudian cabut kabel dari jaringan liistik PLN
b.      Jika ATX dan OS adalah Win XP: klik start, klik turn off computer, pilih turn off, atau bisa menekan tombol Power yang ada pada keyboard, maka komputer akan mati sendiri (tidak usah menekan tombol power) Matikan  Stavol , kemudian cabut kabel dari jaringan liistik PLN.
c.       Jika motherboardnya AT caranya sama dengan di atas, namun keluar “its now safe turn off your computer”, baru tombol power komputer dimatikan
H.    SOAL EVALUASI PEMELAJARAN 1
1.      Jelaskan pengertian dan manfaat sistem operasi berbasis text!
2.      Jelaskan kelebiahan sistem operasi berbasis text
3.      Jelaskan kekurangan sistem operasi berbasis text
4.      Sebutkan macam – macam sistem operasi berbasis text. Jelaskan masing masing
5.      Jelaskan persiapan sebelum melakukan penyalaan komputer
6.      Jelaskan langkah – langkah menyalakan computer dengan benar
7.      Jelaskan pengertia cool booting dan warm booting
8.      Jelaskan hal – hal yang perlu siperhatikan sebelum mematikan komputer
9.      Jelaskan persiapan sebelum mematikan komputer.
10.  Jelaskan langkah – langkah yang benar untuk mematikan komputer

III. KEGIATAN PEMELAJARAN 2
MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI BERBASIS TEXT
A.    TUJUAN PEMELAJARAN
Setelah proses pemelajaran siswa dapat mengoperasikan perintah pada sistem operasi berbasis Text User Interface (TUI)
B.     MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI BERBASIS TEKS
Dalam pengoperasian DOS terdapat Command-command/perintah yang dikelompokkan dalam 2 kelompok yaitu:
1.      Internal Command
Adalah perintah yang tidak lagi membutuhkan file khusus,karena semua instruksi internal sudah ditampung dalam file command.com
2.      External Command
Untuk mempermudah mampelajari fasilitas DOS maka tiap perintah sudah terdapat file Help .
1.      PERINTAH INTERNAL (INTERNAL COMMAND)
            Perintah Internal merupakan kumpulan dari instruksi/perintah yang tersimpan dalam memori dan dapat langsung digunakan setelah proses booting dan  telah diaktifkan
Start – All Programs – Accessories – Comand Prompt.
Perintah Internal meliputi perintah berikut :
DIR
CLS
TIME
DATE
VER
COPY
REN
VOL
CD
DEL
MOVE
MD
RD
PROMPT

Perintah
Contoh
Fungsi
DIR
C:\> DIR
melihat isi directory

C:\>DIR/p
menampilkan nama file per halaman

C:\> DIR/w
menampilkan nama file secara mendatar/melebar (wide).

C:\> DIR/o
menampilkan file dalam bentuk terurut

C:\> DIR/n
berdasarkan nama file (alphabet).

C:\> DIR/e
berdasarkan tipe file (extension).

C:\> DIR/s
berdasarkan ukuran dari kecil ke yang besar

C:\> DIR/d
berdasarkan tanggal dan waktu
DATE
C:\>DATE
mengubah tanggal system. Bentuk pengisiannya adalah mm-dd-yy
CLS
C:\>CLS
membersihkan semua tulisan yang ada di layar computer.
TIME
C:\>TIME
merubah system waktu yang ada pada dos
VOL
C:\>VOL
menampilkan Volume label atau nomor seri dari sebuah disk
VER
C:\>VER
menampilkan versi DOS atau Versi Window yang digunakan
COPY
C:\> COPY
menyalin atau mengkopy file

A:\>copy a:\tgs c:\lat
menyalin file tgs dari drive a ke c:\lat

A:\>copy a:*.* c:\lat
menyalin semua file dari drive a ke c:\lat

A:\>copy ??g*.* c:\lat
menyalin semua file yang huruf ketiganya g ke c:\lat
DEL
C:\latdos>del *.doc
menghapus semua file yang berektensi doc
REN
C:\>ren tg.doc tugas.doc
mengubah nama file tg.doc menjadi tugas.doc
MOVE
A:\>MOVE A:\tgs.doc C:\lat
Memindahkan file tgs di drive A ke dalam subdirectory lat di drive C
MD/MKDIR
C:\>md data
Membuat directory data pada drive C
CD/CHDIR
C:\>e:
pindah ke drive e

C:\>cd data
Masuk ke directory data

C:\User\data>cd..
Keluar dari directory data
RD
C:\>rd data
Menghapus directory data
Direktori yang akan dihapus harus kosong. Jika tidak kosong gunakan instruksi del*.*
EXIT
C:\>exit
Keluar dari jendela command prompt

2.      PERINTAH EKSTERNAL
Yang termasuk perintah external adalah sebagai berikut:
FORMAT
DISKCOPY
COMP
DISKCOMP
CHKDSK
LABEL
FDISK
SYS
TREE
ATTRIB


Perintah
Contoh
Fungsi
FORMAT
C:\>format F/q
Memformat Drive dengan cepet (Quick)

C:\>format f/s
Memformat drive f dengan sistem
DISKCOPY
C:\>diskcopy
Membuat salinan floppy disk (disket)
COMP
C:\>comp
Membandingkan isi file asli dengan file copyan
DISKCOMP
C:\>diskcomp
Membandingkan isi disket asli dengan disket copyan
CHKDSK
C:\>chkdsk e/f
Menampilkan status dari disk, kesalahan yang ditemukan pada FAT(file system), keutuhan dari file dan disk. /f digunakan untuk memperbaiki kesalahan pada disk, Jika CHKDSK menjumpai adanya error maka akan memberikan pesan untuk tindak lanjutnya

C:\>chkdsk e/v
/V digunakan untuk menampilkan setiap file di setiap directory


CHKDSK hanya akan mengenal kesalahan fisik. Sehingga jika terjadi error Cross-Linked tidak dapat memperbaiki error tersebut
LABEL
C:\> label
merubah volume label dari sebuah disket tanpa harus memformat lagi
FDISK
C:\>fdisk
mengetahui informasi tentang partisi harddisk yang dimiliki serta dapat juga melakukan:
ü Membuat partisi dan logical drive.
ü Mengatur partisi yang aktif.
ü Menghapus partisi dan logical drive
SYS
C:\>sys
untuk memberi system sistem pada disket yang telah diformat
TREE
C:\>tree
melihat Daftar Directori secara keseluruhan

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com